Jumat, 12 Juli 2013

Es teh di bulan Ramadhan

Balas Dendam


Alhamdulillah, Ramadhan tiba. Kebetulan jatuh pada musim kemarau. Kaum mislimin melaksanakan puasa dengan senang hati, walaupun ada beberapa orang yang mungkin sengaja nggak puasa, semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka.
Kita bisa merasakan bagaimana  tenggorokan kering, cuaca panas, kerjanya berat, disamping orang yang sedang jualan es,  haduuuhhhhh......

Sambil menunggu waktu dalam hati bergumam “ tunggu nanti sore ya ( dalam bayangannya sudah bukan 3 gelas es teh lagi tapi 3 ember es teh )?! “. Menu berbukapun  di persiapkan. Memang tidak banyak, hanya es teh, tahu, tempe, bakwan goreng. Karna itu yang banyak di jual untuk persiapan buka di pinggir-pinggir jalan atau pasar-pasar kaget saat ramadhan tiba. Sementara di meja belakang segebong nasi lengkap dengan lauk pauknya sudah menunggu.

Ketika sirine tanda waktu berbuka terdengar, di sambarnya es teh di hadapanya. Tak tanggung-tanggung 3 gelas sekaligus dia minum mengawali buka puasa. Di susul dengan gorengan yang telah di persiapkan. Puas rasanya............

Ya, begitulah balas dendam. Dia tidak berfikir akibatnya di belakang. Setelah tenggorokan kering kerontang di tambah cuaca yang panas menyengat, kemudian di siram dengan air es yang  sangat dingin tentu tidak bagus buat kesehatan. Coba rasakan di tenggorokan seperti ada yang luka, pasti terasa sakit bukan ?

Es teh sih boleh-boleh aja, tapi jangan jadikan sebagai pendahuluan. Karna, tenggorokan masih butuh penyesuaian. jadikan dia menu yang ke tiga atau ke empat. insyaAllah nggak masalah.

Begitu juga dengan  alat-alat pencernaan, setelah istirahat dari aktifitasnya selama 12 jam, kemudian di masuki makanan  yang berminyak,itu juga kurang baik buat pencernaan. Akibatnya adalah panas dalam, berak terasa sakit, itu masih lumayan kalau lancar. Terkadang  bisa menjadi penyebab  sembelit alias susah berak. Belum lagi akibat-akibat  yang lain. atau kita tanya saja yuk ke Kaka Akin atau Mbak Argalita gimana pendapatnya ?

Makanya ikuti aja sunnah rosulullah ketika berbuka. Makan buah kurma dan minum air putih, insyaAllah kesehetan tenggorokan dan perut terjamin. ....


12 komentar:

  1. wah saya berbuka dengan gorengan dan air putih mas.. itu bagus nggak?

    BalasHapus
  2. InsyaAllah nggak masalah sih, tapi biasanya lo banyak minyak yang masuk ke lambung, perut jadi panas rasanya.

    BalasHapus
  3. Di rumah saya, selalu ditanamkan say no to ice untuk awal buka puasa. Kalaupun ada es, nanti setelah makan. Kalau sampai 3 gelas langsung??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda walaupus es menggiurkan saat berbuka tapi sebenarnya membawa madharat .....:D

      Hapus
  4. iya, kalau bisa jangan langsung 'disiram' yang dingin-dingin. kalau di keluarga saya, selalu didahului dengan minuman yang hangat.

    hihi, sudah baca tulisan saya yang di blogdetik ya? begitulah, tubuh butuh penyesuaian dan persiapan untuk diisi lagi setelah saluran pencernaan 'vacum' lebih dari 12 jam. sama seperti panci panas, kalau disiram air jadi ... sreng! atau gelas yang panas, kalau langsung disiram air dingin kan jadi retak. saluran pencernaan juga akan mengalami radang kalau langsung 'dikagetkan' dengan air dingin begitu. mungkin tidak terlihat atau kurang terasa, tapi kalau terus2an begitu pastinya akan terasa sakit.

    kalau penjelasan medisnya, mgkn Kaka Akinyg bisa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak udah, es waktu berbuka juga seperti besi yang membara kemudian di siram air bunyinya " Nyosssssss ". ayo Kaka Akin di senggol mbak Argalita tuu.... :D

      Hapus
  5. begitulah, berpuasa itu gak cuma nahan lapar, tapi nahan emosi dan nafsu (balas dendam makan), tapi es teh (& kawanan es lainnya) selalu menggiurkan untuk hidangan berbuka :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Miko Nafsu pun harus di tahan, bukan hanya waktu puasa saja tapi waktu berbuka juga..... :D

      Hapus
  6. Kalau saya sih apa aja yang disiapin sama Ibu ya dimakan aja. Ehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe semoga yang telah di siapin ibu adalh menu-menu yang cocok untuk mengawali berbuka.

      Hapus
  7. kalau saya air putih satu gelas, NO es deh pokoknya setelah itu baru teh anget...
    selamat berpuasa mas,baarakallah..salam bt umi ali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mbak memang mestinya begitu, InsyaAllah kita sampaikan.... :D

      Hapus