Sabtu, 12 Januari 2013

Makhluk tertua di dunia


Makhluk tertua di jagat raya yang masih eksis sampai sekarang ini, makhluk pertama kali di dunia, bahkan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, bintang-bintang, langit,dan semua makhluk Allah, di ciptakan setelah makhluk ini. Ini bukan merupakan suatu kebetulan; tapi merupakan suatu hikmah yang besar di balik itu. dan tidaklah Allah ciptakan  itu di awal kecuali karena kedudukan yang tinggi buat makhluk yang satu ini. maka letakkan dia di tempat yang tinggi dalam dirimu,  jangan lepaskan dia dari tanganmu !
Sebenarnya kita sudah selalu di kenalkan dengannya semenjak kita duduk di bangku sekolah, bahkan sebelum sekolah. dengan perantaraanyalah semua perubahan terjadi.
Rosulullah SAW bersabda :

((  إن أول ما خلق الله القلم, قال له : " اكتب ", قال : ما أكتب ؟ قال : " اكتب القدرماكان وما هو كائن إلى الأبد))

Artinya : Rosululloh SAW bersabda : sesungguhnya sesuatu yang Allah ciptakan pertama kali adalah " al qolam " ( pena ),kemudian Allah berfirman kepadanya : ' tulislah', penapun menjawab : ' apa yang harus kutulis ? Allah berfirman : " tulislah takdir yang sudah terjadi sampai hari kiamat ". HR At Tirmidzi. dan di shohihkan oleh Al Albaani dalam shohihul jaami'.

Teman, itulah makhluk tertua di dunia yang masih eksis sampai sekarang bahkan sampai dunia ini berakhir. letakkan dia dalam hatimu, tempatkan dia dalam jiwamu, gunakanlah dia untuk perubahan-perubahan setiap kebaikan di dunia ini.

Arti kata Pena

Pena artinya : alat untuk menulis dengan tinta, di buat dari baja bentuknya runcing dan terbelah. makanya di negara spanyol ada sebuah gunung yang di namakan dengan nama pena montanesa, karena bentuknya yang  tinggi dan lancip.

Bentuk Pena

Bentuk Pena sebagaimana yang Allah ciptakan pertama kali adalah seperti yang di jelaskan oleh al imam alqurthubi dalam al jaami' lil ahkaamil qur'an dari ibnu abbasdia berkata : " .......... dia adalah pena dari cahaya, panjangnya bagaikan jarak anatara langit dan bumi, kemudian di katakan : Allah menciptakan pena lalu di lihatnya dan pena itupun terbelah ( runcing).

Bentuk pena zaman nenek moyang kita modelnya pakai grip, yaitu model pena yang dipakai untuk menulis diatas asbak ( seperti papan tulis kecil ) yang terbuat dari semacam batu kapur.
kemudian dengan berlalunya waktu, maka polpen itu mengalami kemajuan sebagaimana yang kita pakai sekarang.

2 komentar:

  1. oalahhh...yang tertua itu pena ya? kirain...
    tapi benar ya... dulu firman Allah juga ditulis sama alat kayak pena, walau namanya masih belum pena sih

    BalasHapus