Sabtu, 20 April 2013

TRIMBILEN


TRIMBILEN


          Ini bukan nama salah satu menu masakan padang yang terkenal itu, juga bukan nama menu masakan jogja maupun makasar, dan juga bukan nama salah satu selebritis maupun bintang film hollywood. Melainkan sebuah nama penyakit yang pernah saya dengar dari orang tua saya dulu.

          Dulu ketika mata saya terasa jendol ( mengganjal ) karena kulit bagian luar terasa ada jendolan, beliau bilang “ nggak apa – apa, itu Cuma “ trimbilen” nanti hilang sendiri “.  Dengar nama penyakit ini sebenarnya agak geli-geli  gimana gitu, hehehehe. Apa bener, ada sebuah penyakit yang  namanya Trimbilen ?  saya cari di kamus bahasa indonesia belum kudapatkan . Apa mungkin ini istilah bahasa jerman  atau bahasa inggrisnya ya ? wah kalau betul aku bangga sekali, karena ortuku tahu istilah bahasa jerman atau inggris, hehehehe ( la wong SD aja nggak tamat).

          Perasaan ini bertambah geli, ketika sang dokter kebanggaanku ( ortu ) itu menjelaskan obat penyakit ini. obatnya bukan berbentuk pil, maupun kapsul buatan pabrik kimia farma hehehe ( betul nggak ya istilah itu )?, yang di jual di apotik-apotik. Tapi obatnya  sebenarnya sederhana saja,  apa itu ? penasaran ? hahahaha . jangan ikutan ketawa ya ! obatnya katanya UPIL ( Tai Hidung ). Hebat ya ! tai hidung bisa jadi obat.

          Setengah percaya, setengah tidak. Karena terkadang keyakinan orang2 dulu itu bisa jadi  benar, setelah dilakukan penelitian2 dan hasilnya terbukti. Cuma selama ini saya belum pernah mendengar upil bisa di jadikan obat “ Trimbilen “. Kadang tidak percaya juga, karena biasanya keyakinan itu hanyalah sekedar khurofat ( keyakinan2 yang di buat2 ). Tapi kalo memang benar, waaah bisa jadi mahal deh harga UPIL-UPIL ini, siap-siap aja kumpulin, hahahahaha.

          Yang anehnya lagi, penyakit ini di sebabkan karena  suka ngintipin  orang katanya, hahahaha. Apa hubungannya ya ? betul nggak ya ? ngintipin orang lain memang nggak boleh, itu berdosa; tapi apa benar itu penyebab penyakit ini ?

          Kemarin ada siswa saya datang ke rumah, Muhammad akmal namanya. Dia siswa SMP IT EL YASIN BATAM kelas VII. Dia bilang “ Pak  !, Mata saya sakit .” tatkala saya tengok, lantas saya ingat kata ortuku dulu. Saya  bilang aja ma dia “ Punya UPIL ? eeeee malah senyum2 dia. Kirain saya mau minta upil dia, weeek jorog !. eeeee bukan jorog lho, tapi katanya obat kok, hehehehe.

          Saya sendiri sih belum pernah membuktikan. Karena nggak tau cara ngobatinya bagaimana , klao salep kan di oleskan, kalo pil kan di minum; kalo upil ?........ diminum kan nggak mungkin, di oleskan juga ..... weeeek jijiiiik.
          Nah, sekarang kalau para pembaca budiman yang Trimbilen ( semoga tidak ) bagaiamana ?........

8 komentar:

  1. Trimbilan atau bintitan, kalau aku suka pakai ludah basi, pagi2 bangun tidur blm makan minum apa2. Langsung oles trimbilan pakai ludah basi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu betul Bunda ? terus kalo di tinjau dari segi medis gimana ya ?????

      Hapus
  2. Saya punya saran.. biar lebih mujarab, obatnya diminum sekaligus di olesi.. setuju?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha ...........biar cespleng.......

      Hapus
  3. Hahahahah...amit.amit dah....
    Aya.aya.wae.:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh EGi ada obat lain untuk penyakit yang satu ini ?

      Hapus
  4. Cobalah Mengurangi konsumsi TELUR AYAM, nanti akan sembuh sendiri :)

    BalasHapus